• Posted by : Unknown Kamis, 04 Februari 2016


    1. 1. BAHASA INDONESIA JENIS KARANGAN DANLANGKAH-LANGKAH MENGARANG
    2. 2. JENIS KARANGAN:• Deskripsi• Narasi• Eksposisi• Argumentasi• Persuasi
    3. 3. 1. DESKRIPSIKarangan ini berisi gambaran mengenaisuatu hal/ keadaan sehingga pembacaseolah-olah melihat, mendengar, ataumerasakan hal tersebut.
    4. 4. Contoh deskripsi berisi fakta: Hampir semua pelosok Mentawai indah. Diempat kecamatan masih terdapat hutan yang masihperawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis floradan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpananggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapatdi Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai danberuk Simakobu adalah contoh primata yangmenarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.
    5. 5. Contoh deskripsi berupa fiksi: Salju tipis melapis rumput, putihberkilau diseling warna jingga; bayangmatahari senja yang memantul. Angin awalmusim dingin bertiup menggigilkan,mempermainkan daun-daun sisa musimgugur dan menderaikan bulu-bulu burungberwarna kuning kecoklatan yang sedangmeloncat-loncat dari satu ranting ke rantingyang lain.
    6. 6. Topik yang tepat untuk deskripsi misalnya:• Keindahan Bukit Kintamani• Suasa pelaksanaan Promosi Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional• Keadaan ruang praktik• Keadaan daerah yang dilanda bencana
    7. 7. Langkah menyusun deskripsi:1) Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan2) Tentukan tujuan3) Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan4) Susunlah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutan lokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan5) Kembangkan kerangka menjadi deskripsi
    8. 8. 2. NARASI Secara sederhana narasi dikenalsebagai cerita. Pada narasi terdapatperistiwa atau kejadian dalam satuurutan waktu. Di dalam kejadian ituada pula tokoh yang menghadapisuatu konflik.
    9. 9. Ketiga unsur berupa kejadian, tokoh,dan konflik merupakan unsur pokoksebuah narasi. Jika ketiga unsur itubersatu, ketiga unsur itu disebut plotatau alur. Jadi, narasi adalah ceritayang dipaparkan berdasarkan plotatau alur.
    10. 10. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.Contoh narasi yang berisi fakta:biografi, autobiografi, atau kisahpengalaman.Contoh narasi yang berupa fiksi:novel, cerpen, cerbung, ataupuncergam.
    11. 11. Pola narasi secara sederhana: awal – tengah – akhirAwal narasi biasanya berisi pengantaryaitu memperkenalkan suasana dantokoh.Bagian awal harus dibuat menarik agardapat mengikat pembaca.
    12. 12. Bagian tengah merupakan bagianyang memunculkan suatu konflik.Konflik lalu diarahkan menuju klimakscerita. Setelah konfik timbul danmencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.
    13. 13. Akhir cerita yang mereda inimemiliki cara pengungkapanbermacam-macam. Ada yangmenceritakannya dengan panjang,ada yang singkat, ada pula yangberusaha menggantungkan akhircerita dengan mempersilakanpembaca untuk menebaknyasendiri.
    14. 14. Contoh narasi berisi fakta: Ir. Soekarno Ir. Soekarno, Presiden RepublikIndonesia pertama adalah seorangnasionalis. Ia memimpin PNI padatahun 1928. Soekarno menghabiskanwaktunya di penjara dan di tempatpengasingan karena keberaniannyamenentang penjajah.
    15. 15. Soekarno mengucapkan pidatotentang dasar-dasar Indonesiamerdeka yang dinamakan Pancasilapada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni1945.
    16. 16. Soekarno bersama MohammadHatta sebagai wakil bangsa Indonesiamemproklamasikan kemerdekaanIndonesia pada tanggal 17 Agustus1945. Ia ditangkap Belanda dandiasingkan ke Bengkulu pada tahun1948. Soekarno dikembalikan keYogya dan dipulihkan kedudukannyasebagai Presiden RI pada tahun 1949. .
    17. 17. Jiwa kepemimpinan dan perjuangannyatidak pernah pupus. Soekarno bersamapemimpin-pemimpin negara lainnyamenjadi juru bicara bagi negara-negaranonblok pada Konferensi Asia Afrika diBandung tahun 1955. Hampir seluruhperjalanan hidupnya dihabiskan untukberbakti dan berjuang
    18. 18. Contoh narasi fiksi: Aku tersenyum sambil mengayunkanlangkah. Angin dingin yang menerpa,membuat tulang-tulang di sekujur tubuhkubergemeretak. Kumasukkan kedua telapaktangan ke dalam saku jaket, mencobamemerangi rasa dingin yang terasa begitumenyiksa.
    19. 19. Wangi kayu cadar yang terbakar diperapian menyambutku ketika Erizamembukakan pintu. Wangi yang kelakakan kurindui ketika aku telah kembalike tanah air. Tapi wajah ayu dihadapanku, akankah kurindui juga?
    20. 20. Ada yang berdegup keras di dalamdada, namun kuusahakan untukmenepiskannya. Jangan, Bowo,sergah hati kecilku, jangan biarkanhatimu terbagi. Ingatlah Ratri, diatengah menunggu kepulanganmudengan segenap cintanya.
    21. 21. Langkah menyusun narasi (fiksi): Langkah menyusun narasi (fiksi)melalui proses kreatif, dimulai denganmencari, menemukan, dan menggali ide.Cerita dirangkai dengan menggunakan“rumus” 5 W + 1 H. Di mana seting/lokasi ceritanya, siapa pelaku ceritanya,apa yang akan diceritakan, kapanperistiwa-peristiwa berlangsung,mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi,dan bagaimana cerita itu dipaparkan.
    22. 22. 3. EKSPOSISI Karangan ini berisi uraian ataupenjelasan tentang suatu topik dengantujuan memberi informasi ataupengetahuan tambahan bagi pembaca.Untuk memperjelas uraian, dapatdilengkapi dengan grafik, gambar ataustatistik.
    23. 23. Contoh: Pada dasarnya pekerjaan akuntanmencakup dua bidang pokok, yaituakuntansi dan auditing. Dalam bidangakuntasi, pekerjan akuntan berupapengolahan data untuk menghasilkaninformasi keuangan, juga perencanaansistem informasi akuntansi yang digunakanuntuk menghasilkan informasi keuangan.
    24. 24. Dalam bidang auditing pekerjaan akuntanberupa pemeriksaan laporan keuangansecara objektif untuk menilai kewajaraninformasi yang tercantum dalam laporantersebut.
    25. 25. Topik yang tepat untuk eksposisi,antara lain:• Manfaat kegiatan ekstrakurikuler• Peranan majalah dinding di sekolah• Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil.
    26. 26. Tidak jarang eksposisi berisi uraiantentang langkah/ cara/ proses kerja.Eksposisi demikian lazim disebutpaparan proses.
    27. 27. Contoh paparan proses:Cara mencangkok tanaman:1. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang subur, dan sabut secukupnya.2. Pilihlah ranting yang tegak, kekar, dan sehat dengan diameter kira-kira 1,5 sampai 2 cm.3. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat dan dikelupas sampai bersih kira-kira sepanjang 10 cm.
    28. 28. Langkah menyusun eksposisi:1) Menentukan topik/ tema2) Menetapkan tujuan3) Mengumpulkan data dari berbagai sumber4) Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih5) Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi.
    29. 29. 4. ARGUMENTASI Karangan ini bertujuan membuktikankebenaran suatu pendapat/ kesimpulandengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarangmengharapkan pembenaran pendapatnyadari pembaca. Adanya unsur opini dandata, juga fakta atau alasan sebagaipenyokong opini tersebut.
    30. 30. Contoh: Jiwa kepahlawanan harus senantiasadipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwakepahlawanan. Pembangunan di negara kitadapat berjalan dengan sukses. Jiwakepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwabesar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal,tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semuasifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukungpembangunan di berbagai bidang.
    31. 31. Tema/ topik yang tepat untuk argumentasi, misalnya:• Disiplin kunci sukses berwirausaha• Teknologi komunikasi harus segera dikuasai• Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial
    32. 32. Langkah menyusun argumentasi:1) Menentukan topik/ tema2) Menetapkan tujuan3) Mengumpulkan data dari berbagai sumber4) Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih5) Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi
    33. 33. 5. PERSUASI Karangan ini bertujuan mempengaruhipembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarangmengharapkan adanya sikap motorik berupamotorik berupa perbuatan yang dilakukanoleh pembaca sesuai dengan yangdianjurkan penulis dalam karangannya.
    34. 34. Contoh persuasi:Salah satu penyakit yang perlu kitawaspadai di musim hujan ini adalah infeksisaluran pernapasan akut ( ISPA ). Untukmencegah ISPA, kita perlu mengonsumsimakanan yang bergizi, minum vitamin danantioksidan. Selain itu, kita perlu istirahatyang cukup, tidak merokok, dan rutinberolah raga.
    35. 35. Topik/ tema yang tepat untuk persuasi, misalnya:• Katakan tidak pada NARKOBA• Hemat energi demi generasi mendatang• Hutan sahabat kita• Hidup sehat tanpa rokok• Membaca memperluas cakrawala
    36. 36. Langkah menyusun persuasi:1) Menentukan topik/ tema2) Merumuskan tujuan3) Mengumpulkan data dari berbagai sumber4) Menyusun kerangka karangan5) Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan persuasi
    37. 37. SOAL-SOAL DAN PEMBAHASANNYA1. Ternyata badai ekonomi membuat beberapa wilayah negeri ini bergolak. Efek domino lepasnya Timor Timur tampak semakin menggejala. Di sana-sini muncul wacana tentang kemerdekaan wilayah. Dengan demikian, negeri ini menghadapi bahaya mahahebat, yakni disintegrasi.
    38. 38. Apakah melepaskan diri merupakan solusiterbaik? Untuk menjawab, kiranyamerupakan langkah arif jika rakyat negeri inikembali melihat sejarah. Kerajaan-kerajaankecil terbukti lemah menghadapi tangan-tangan raksasa orang manca.
    39. 39. Kutipan karangan di atas termasuk jenis karangan…a. narasib. eksposisic. persuasid. argumentasie. deskripsi
    40. 40. Jawaban: dPembahasan:Karena kutipan karangan tersebuttermasuk jenis karangan argumentasikarena mengandung unsur opini dandisertai dengan alasan yang berupafakta.
    41. 41. 2. Ketombe memang amat menjengkelkan, tidak hanya bagi wanita, tetapi juga bagi pria. Bila Anda terkena penyakit ini dan belum menemukan obat mujarab, di sinilah Anda dapat menemukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya. Cobalah salah satu cara berikut yang menurut Anda paling sesuai dan paling mudah untuk Anda lakukan.
    42. 42. Paragraf di atas termasuk jenis karangan….a. narasib. deskripsic. eksposisid. argumentasie. persuasi
    43. 43. Jawaban: ePembahasan:Karena paragraf di atas berisi harapanpenulis agar pembaca melakukan apayang dianjurkan penulis.
    44. 44. 3. Burung-burung gereja beterbangan di antara dedaunan pohon akasia. Sesekali terdengar cicit mereka. Suara klakson dan deru mobil mahasiswa satu demi satu beranjak pergi. Suasana kampus kembali sunyi.
    45. 45. Paragraf di atas termasuk jenis karangan…a. persuasib. deskripsic. argumentasid. eksposisie. narasi
    46. 46. Jawaban: bPembahasan:Paragraf di atas menggambarkan suasanakampus.
    47. 47. 4. “ Kita akan tetap saling memiliki, walau jarak telah memisahkan kita. Persahabatan yang kita lalui rasanya terlalu berarti kalau harus diakhiri begitu saja. Kecuali …….,” kata-kataku menggantung di udara, tiba-tiba saja pikiran itu melintas, seandainya seseorang datang dalam kehidupan Rina! Tidak, aku menggeleng kuat-kuat. Rasa marah menyedak dadaku. Cemburu? Aku tak tahu. Namun rasanya sulit untuk menerima bila hal itu menjadi kenyataan.
    48. 48. Selamat tinggal Amerika,Universitas Oklahoma, dansemua kenangan pahit danmanis. Selamat tinggal. Kabutmemenuhi mataku dan ronggahatiku ketika pesawat lepaslandas.
    49. 49. Kutipan di atas termasuk jenis karangan….a. deskripsib. eksposisic. narasid. argumentasie. persuasi
    50. 50. Jawaban: cPembahasan:Kutipan di atas merupakan cerita fiksi karenaterdapat peristiwa, tokoh, dan seting.
    51. 51. 5. Service dalam bermain tenis lapangan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Pertama, ambillah posisi di luar garis belakang dan agak ke tengah. Kedua, lakukan konsentrasi untuk beberapa detik dan aturlah posisi kaki. Ketiga, bungkukkan badan ke depan sedikit sambil melempar bola ke atas, raket diayunkan ke belakang dan dengan cepat pukullah bola dengan kekuatan maksimal. Bola akan melayang dengan cepat.
    52. 52. Paragraf di atas termasuk jeniskarangan….a. eksposisib. argumentasic. deskripsid. narasie. persuasi
    53. 53. Jawaban: aPembahasan:Paragraf di atas termasuk jenis eksposisi(paparan proses).
    54. 54. 6. (1) Mengumpulkan informasi (2) Mengembangkan kerangka menjadi karangan (3) Menetapkan tema (4) Menyusun kerangka karangan (5) Menentukan tujuan penulisan
    55. 55. Langkah-langkah yang benar adalahdengan urutan sebagai berikut….a. (1), (2), (3), (4), (5)b. (3), (5), (1), (4), (2)c. (4), (1), (5), (3), (2)d. (5), (2), (3), (1), (4)e. (3), (4), (1), (5), (2)
    56. 56. Jawaban: bPembahasan:Karena urutan langkah yang logis untukmengarang terdapat pada opsi b.
    57. 57. 7. Perhatikan proses membuat pakaian jadi berikut! (1) membuat pola (2) mengukur badan (3) menggunting bahan (4) menentukan model (5) menjahit
    58. 58. Urutan proses bila kita akan membuatpakaian jadi yang benar adalah….a. (3), (1), (2), (4), (5)b. (2), (4), (3), (1), (5)c. (4), (2), (1), (3), (5)d. (1), (4), (3), (2), (5)e. (4), (1), (2), (3), (5)
    59. 59. Jawaban : CPembahasan:Karena urutan proses yang logisuntuk soal di atas adalah opsi C
    60. 60. 8. (1) Pemberian hadiah bagi siswa yang kreatif (2) Majalah dinding merupakan sarana komunikasi intern (3) Majalah dinding merupakan wadah kreativitas siswa (4) Adanya majalah dinding, minat baca dan minat tulis siswa meningkat. (5) Peran serta guru dalam pengelolaan majalah dinding sangat diharapkan.
    61. 61. Di antara kalimat-kalimat utama diatas yang tidak tepat untuk digunakandalam kerangka karangan yangbertema Majalah Dinding di sekolahadalah kalimat nomor….a. (1)b. (2)c. (3)d. (4)e. (5)
    62. 62. Jawaban: aPembahasan:Kalimat nomor (1) tidak tepat untukdigunakan dalam kerangka karanganyang bertema Majalah Dinding disekolah.
    63. 63. 9. Perhatikan butir-butir kerangka berikut!(1) Padahal pemanfaatan dunia kelautan Indonesia sangat menguntungkan.(2) Yang penting, perlu menyediakan sumber daya manusia bidangkelautan.(3) Geografis perairan Indonesia sangat strategis.
    64. 64. 4) Tetapi, kebijakan pembangunanbelum memanfaatkan potensi geografistersebut.(5) Juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan ilmukelautan di Indonesia.
    65. 65. Butir-butir kerangka yang bertema kelautantersebut akan menjadi kerangka yang baikjika menggunakan urutan….a. (5), (4), (1), (3), (2)b. (4), (3), (5), (2), (1)c. (2), (3), (1), (4), (5)d. (3), (4), (1), (5), (2)e. (1), (2), (3), (5), (4)
    66. 66. Jawaban: dPembahasan:Karena urutan yang logis untuk tematersebut adalah opsi d.
    67. 67. 10. (1) Musim kemarau panjang tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami. (2) Sungai yang mengalir di tengah-tengah desa kering kerontang. (3) Bahkan sumur pun banyak yang tak berair lagi. (4) Sawah dan ladang seperti hangus dan dimakan oleh terik matahari. (5) Tanah pecah berbongkah- bongkah, tanaman pun hampir tak ada yang berwarna hijau lagi.
    68. 68. Yang tidak termasuk kalimat deskripsidalam paragraf di atas, yaitu kalimatnomor….a. (1)b. (2)c. (3)d. (4)e. (5)
    69. 69. Jawaban: aPembahasan:Karena kalimat nomor (1) bukanmerupakan gambaran melainkanpendapat.
    70. 70. 11. Ciri pengembangan karangan eksposisi adalah…. a. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar, atau statistik untuk memperjelas informasi. b. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar, atau statistik untuk membuktikan atau mempengaruhi pembaca.
    71. 71. c. Merangsang indra pembaca pada suatu objek yang digambarkan oleh penulis.d. Menceritakan urutan peristiwa secara kronologis.e. Mengajak pembaca mengikuti anjuran penulis.
    72. 72. Jawaban: aPembahasan: Karena opsi a merupakan ciripengembangan karangan eksposisi yaituuntuk memperjelas informasi bagi pembaca.
    73. 73. 12. Jika akan menjelaskan pengertian dan fungsi pasar, kita dapat menggunakan karangan….a. argumentasib. eksposisic. deskripsid. narasie. persuasi
    74. 74. Jawaban: bPembahasan: Karena karangan eksposisiadalah menjelaskan informasi untukmemberi pengetahuan bagi pembaca.
    75. 75. 13. Topik yang dapat dikembangkan menjadi karangan argumentasi adalah….a. Alasan pemerintah DKI membangun sistem transportasi Jakarta seperti busway.b. Bentuk fisik bus angkutan trans-Jakarta.c. Kisah perjalanan Sutiyoso, dariPangdam Jaya sampai menjadi GubernurDKI.
    76. 76. d. Proses pembuatan dan perakitan bus transJakarta.e. Himbauan pemerintah DKI kepada masyarakat pengguna transJakarta.
    77. 77. Jawaban: aPembahasan: Opsi a merupakan topikargumentasi.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © ILHAM KURNIADI - Powered by Blogger-